Senin, 29 Oktober 2012

Desain Pemodelan Grafik


  • Desain adalah proses menciptakan sebuah obyek baru. Istilah desain pada awalnya lebih kedalam bentuk sebuah seni atau teknik arsitektur. Dengan begitu desain sendiri lebih menitik beratkan kepada nilai estetika, namun seiring perkembangan desain itu sendiri, fungsinya tidak hanya untuk estetika saja melainkan dari nilai fungsi dengan latar industri juga. Di masa ini desain sudah banyak diimplementasikan diberbagai bidang, seperti teknologi dan rekayasa.
  • Pemodelan adalah mendesain, membentuk dan membuat sebuah obyek hingga menjadi sebuah obyek baru yang memiliki nilai estetika dan fungsi dengan latar industri. Desain dan pemodelan tidak bisa dipisahkan, karena keduanya merupakan langkah awal dari penciptaan sebuah obyek baru yang memiliki nilai manfaat secara massal.
  • Grafik adalah sebuah cara penungkapan obyek yang dituangkan melalui dua dimensi maupun tiga dimensi.
Jadi desain pemodelan grafik adalah suatu pekerjaan mendesain, membentuk dan membuat suatu obyek baru yang dituangkan melalui dua dimensi maupun tiga dimensi. Pekerjaan ini dapat dikerjakan dengan menggunakan bantuan dari komputer, dengan banyaknnya macam dari software pengolah grafis baik dua dimensi maupun tiga dimensi.

Selain memiliki nilai estetika, produk dari desain pemodelan grafis ini dapat digunakan dalam berbagai bidang, dari mulai pendidikan hingga periklanan suatu perusahaan. Sebagai contoh :
- Peta digital
- Kesehatan
- Perancangan objek
- System multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra, dan
- Simulasi.


Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.



Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar