EBC ( E-Business and E-Commerace)
Nama : Chresna
Ibnu Agathon
NPM : 51410573
Kelas : 4IA20
Alamat Blog : http://gathon.blogspot.com
1. PENDAHULUAN
Perkembangan
teknologi disaat ini merupakan hal primer. Keberadaan dari teknologi semakin
mudah dijangkau dan dapat digunakan oleh siapa saja dengan fitur user friendly.
Teknologi informasi juga ikut berkembang dengan pesatnya. Dalam mencari data
atau informasi pun menjadi lebih mudah, karena semua data baik di pemerintahan
ataupun di masyarakat mulai terkomputerisasi sehingga memudahkan dalam
pencarian ataupun pemantauan data.
E-Business atau
Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara
langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan
memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu
aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi
sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.
Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem
terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui
teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali
dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.
E-Commerce adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem
elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik,
sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi
informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari
e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti:
transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran
(e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi
online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
2. TEORI
2.1. Pengertian E business
a)
E-business adalah praktek pelaksanaan dan
pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan
bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis
melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah
terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business.
Prentice Hall. 2002)
b)
E-business meliputi semua hal yang harus
dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan
kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L.
Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
c)
E-business adalah mengenai penggunaan teknologi
internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business
yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail
maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice
Hall)
d)
Definisi
e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan
proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi
internet (Christoper Stoole. 2000. E-business – Just What is It?
http://ebusiness.about.com/industry)
e)
E-business adalah mengelola bisnis di internet
yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan
kolaborasi antar rekan bisnis. Istilah e-business pertama kali digunakan salah
satunya oleh IBM pada tahun 1997. (SearchCIO.com)
2.2. Pengertian E – Commerce
a)
Menurut Mariza Arfina dan Robert Marpaung
e-commerce atau yang lebih dikenal dengan e-com dapat diartikan sebagai suatu
cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang
memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan
layanan "get and deliver"
(http://r-marpaung.tripod.com/ElectronicCommerce.doc diakses tanggal 22 April
2007).
b)
Menurut David Baum, pengertian e-commerce
adalah: “E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and
business process that link enterprise, consumers, and communities through
electronic transactions and the electronic exchange of goods, services, and
information”. E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan
proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu
melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi
yang dilakukan secara elektronik (David Baum dalam Onno W. Purbo, 2000 : 2).
c)
Roger Clarke dalam “Electronic Commerce
Definitions” menyatakan bahwa e-commerce adalah “The conduct of commerce in
goods and services, with the assistance of
telecomunications and telecomunications-based tools” (e-commerce adalah tata cara perdagangan
barang dan jasa yang menggunakan media telekomunikasi dan telekomunikasi
sebagai alat bantunya) (http://www.anu.edu.au/people/Roger.Clarke/
EC/ECDefns.html, diakses tanggal 22 April 2007)
3. ANALISIS
Dengan adanya
teknologi E-Bussines dan E-Commerce sangat memudahkan hampir sebagian besar kegiatan
bisnis seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur,
penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan
teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
E-commerce merupakan
cabang dari E-Bussines, yang hanya meliputi perdagangan atau jual-beli
menggunakan jaringan internet. Dengan begitu transaksi dapat dilakukan tanpa
harus bertemu antara penjual dan pembeli. Proses transaksi yang terkendala
jarak, waktu dan biaya dapat berkurang, dengan begitu keuntungan yang diperoleh
dapat meningkat.
Teknologi
E-Commerce sangat memudahkan penjual dan pembeli. Untuk penjual, dapat menjual
dagangannya tanpa harus menyewa sebuah toko atau lokasi untuk berjualan,
penjual hanya butuh sebuah website untuk menamplilkan barang-barang atau jasa
yang disediakan. Dan keuntungan yang dirasakan pembeli yaitu, pembeli tidak
perlu mendatangi toko untuk memilih barang atau jasa, tentu ini sangat
memudahkan jika kita hendak membeli barang dari penjual yg berlokasi di luar
kota atau luar pulau, hingga luar negeri.
Saya sudah
beberapa kali menggunakan teknologi E-Commerce, seperti ketika saya hendak
membeli single dari sebuah grup musik
yang tidak dijual di Indonesia, saya beli single
tersebut secara online, untuk transaksi dilakukan dengan menggunakan paypal atau menggunakan kartu kredit
yang terdaftar disana. Dan waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman sekitar
1minggu – 3minggu. Dengan kemajuan teknologi E-Commerce dan berkembangnya online shop, saya tidak perlu keluar
negeri.
4. REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar